12 Tips agar website sukses

  1. Know why you have a web site. Jadi putuskan dulu, untuk apa kita buat situs. Cuman sekedar pengen nampang ato yang lain, bisnis misalnya.
  2. Build a site for the user. Not for you. Perhatikan, apa yang kira-kira pengunjung sukai. Pas buat situs jangan 'semau gue'.
  3. Fill a need. Isi situs dengan sesuatu yang kira-kira dibutuhkan user. Misalnya, berhubung hari-hari ini lagi demam World Cup ya ada baiknya isi situs dengan kabar-kabar seputar bola.
  4. Write a plan. Kaya'nya tips ini sering diacuhkan. Tapi mulai sekarang ada baiknya membiasakan menulis rencana sebelum membangun situs, tulis rencana isi, estimasi biaya dll.
  5. Collaborate. Gotong royonglah dengan berbagai ahli dalam membangun situs, misalkan cari ahli disain situs, database dll. Jadi usahakan jangan bekerja sendiri.
  6. Pay attention to site traffic. Selalu perhatikan apa yang user lakukan saat masuk ke situs kita, apa yang mereka klik, darimana mereka mendapat referensi sehingga bisa masuk ke situs kita, dimana letak geografis use dsb.
  7. Let your site evolve. Saat situs sudah di launch, terus lakukan perbaikan-perbaikan jika masih terdapat kekurangan.
  8. Make your site easy to use. Buat situs yang enak dilihat, mudah dinavigasikan dsb. Untuk tips yang satu ini, mungkin ada tips susulan yang lebih jelas. Tunggu ya :D.
  9. Test, test, test! Lakukan testing, jalankan situs di browser yang berbeda. Siapa tau ada error di browser tertentu...ya cepat diperbaiki.
  10. Use email to keep in touch with visitors. Kali-kali aja ada saran dari user ato pengunjung. Beri contact person lah.
  11. Stay focused. Isi situs jangan terlalu melebar dari tujuan semula. Jangan membuat bingung pengunjung. Misal, masa' situs komputer ada tips masak-memasak :D
  12. Speed it up! Perhatikan selalu kecepatan loading situs. Jangan memperlambat loading situs dengan grafik-grafik (misalnya) yang ga perlu.

Post a Comment

2 Comments

Anonymous said…
mo comment nih..
pertama lihat judulnya sih tertarik banget..soalnya aku emang lagi blajar bikin web..tapi kok g ada contohnya sih?
eh kalo ada yang lebih lengkap duong..jangan cuma tips..tapi artikel gimana bikin web yang cantik dan menarik.
tapi gpp..
thanks...
Anonymous said…
Oke, ntar gua kasi tutorial bikin webnya.