Tips and Trick Windows: Mengembalikan File yang Terhapus

Aplikasi sederhana pengganti Recycle Bin, untuk mengembalikan file penting yang terbuang.

Kadang file penting di PC secara tak sengaja terhapus. Kalau masih berada di Recycle Bin, sih, Anda mudah mengembalikannya. Yang repot, kalau di sana pun sudah tak ada. Nah, cegah kejadian seperti itu dengan memakai software Fundelete. Software ini hanya bisa dipakai di sistem operasi berbasis NT, seperti Windows NT, Windows 2000, dan Windows XP.

TIPS LANGKAH 1
Download terlebih dahulu installer file Fundelete.exe (872 KB) dari www.sysinternals.com. Setelahnya, klik-dobel file tersebut untuk menginstal program ke PC. Program akan diinstal di C:\Program Files\Systems Internals\Fundelete for Windows NT.

TIPS LANGKAH 2
Pada menu [Start], klik [Programs] [Fundelete for Windows NT] [Fundelete Bin]. Di dalam jendela program akan muncul daftar file yang telah Anda hapus dari PC.

TIPS LANGKAH 3
Klik menu [Undelete] [Properties…], maka akan muncul boks Fundelete Properties. Atur besarnya daya tampung Fundelete Bin di bawah tab [Global]. Klik [Apply] dan [OK].

TIPS LANGKAH 4
Saat file penting tak sengaja terhapus, buka Fundelete dan klik namanya dari daftar. Lanjutkan dengan mengeklik menu [File] [Undelete] untuk mengembalikannya. Muncul boks dialog Confirm Restore, klik [Yes], maka file akan dikembalikan ke posisi semula.



Tips and trick-tutorial
TIPS LANGKAH 5
Untuk membersihkan file yang benar-benar sudah tak diperlukan, klik menu [File] [Empty Fundelete Bin], atau langsung klik ikon [Empty] di toolbar. Klik [Yes] ketika muncul boks Confirm Delete. Tutup program begitu selesai.

Source: www.komputeraktif.com

Post a Comment

0 Comments