Mengatasi perangkat W-LAN yang tidak berfungsi

Coba selidiki apakah terdapat konflik dengan perangkat lain, karena pada saat instalasi perangkat kartu W-LAN, terutama yang berbasis PCI, kemungkinan terjadi konflik antara alaat IRQ yang dimiliki dengan alamat IRQ untuk perangkat lain. Hal ini sering terjadi, terutama bila kartu berbasis CI dipasang pada port PCI terakhir. Umumnya konflik terjadi dengan kartu grafis add-on. Cara yang paling gampang adalah memindahkan kartu W-LAN ke port PCI yang lain. Teknologi motherboard sekarang secara otomatis dapat memperbaiki masalah ini dengan cara seperti ini.
Penyebab lain adalah masalah pada konektor. Pemasangan yang tidak benar kartu W-LAN saat instalasi mengakibatkan kartu W-LAN tidak terhubung dengan benar dengan port PCI. Untuk mengatasinya cukup kencangkan baut dan pastikan konektor kartu W-LAN terpsang dengan benar. Bila sudah benar namun masih juga bermasalah, bisa jadi karena port PCI yang kotor, bersihkan dahulu port PCI dengan kuas, lalu tancapkan embali kartu W-LAN. Jika masih saja bermasalah, pindahkan kartu W-LAN ke port PCI berikutya.
Masalah sepele yang kadang membuat kita kebingungan adalah belum terinstalnya driver kartu W-LAN. Sehingga kartu ini tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Penting sekali untuk menginstal driver yang sesuai, umumnya, kartu W-LAN yang dijual disertai driver yang tepat. Untuk mendapatkan driver terbaru pengguna dapatmen-download driver terkini dari situs resmi pembuatnya.